Sigapiton, Desa Wisata Keren di Timur Danau Toba

sigapiton-land

(foto: cnn.com)

Dolungo – Desa Sigapiton, Kabupaten Toba Samosir terletak di pinggir timur Danau Toba. Desa yang diapit oleh dua bukit ini memiliki pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Bukit-bukit yang menjulang, air terjun dan biru kehijauan air Danau Toba menjadi salah satu alasan Presiden Jokowi secara khusus memberi perhatian dan prioritas kepada desa ini untuk dikembangkan. Bahkan Desa Sigapiton telah masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mendapat mandat untuk mengembangkan Danau Toba sebagai kawasan super prioritas, langsung melakukan pembangunan Toba Caldera Resort. Ground breaking Resort tersebut dilakukan pada 14 Oktober 2019.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang perencanaan dan pembangunan kawasan Wisata Danau Toba, termasuk Desa Sigapiton. Selain itu juga akan dibangun Creative Hub, yaitu sebuah ruang sekaligus wadah berkarya bagi talenta ekonomi kreatif setempat.

Lokasi ini akan difungsikan untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif masyarakat Danau Toba melalui berbagai kegiatan di dalamnya seperti workshop, showcase, weekly creative events, dan sebagainya. Creative Hub ini juga bisa menjadi destinasi wisata baru yang menarik bagi wisatawan.

Sementara BPODT juga membangun kerja sama dengan desa-desa sekitar kawasan, dan melakukan pendampingan masyarakat agar menjadi penerima manfaat utama dalam pengembangan kawasan. Pendampingan dan pengembangan SDM lokal dilakukan mulai dari pelatihan bahasa Inggris, kuliner, sadar wisata juga bea siswa kepada lulusan setempat terkait peningkatan SDM Pariwisata di STP Bandung dan Bali.

BPODT sendiri rencananya akan membangun jalan dari The Nomadic Kaldera Toba Escape menuju Batu Silali, sepanjang 1.900 meter, dengan lebar 18 meter. (forzatiket.com)

Klik di sini untuk Link Map

(Sumber: kemenparekraf.go.id & indonesiaside.id)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s