Bali Raih Tiga Penghargaan Sekaligus di Tiongkok

balikemenpar

( Foto: kemenpar.go.id )

Dolungo, Xian- Pulau Bali menyabet 3 penghargaan sekaligus dalam Global Destination Marketing Summit and World Culture and Tourism Forum. Even tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Tiongkok dan C-Trip di Xanxi Convention Center, Xian, Propinsi Xanxi, Tiongkok pada 19 April 2018.

Bali meraih 3 katagori award sekaligus yakni sebagai Top 10 Overseas Destination, Top 10 Luxury Travel Destination dan Top 10 Honeymoon Destination for Chinnese Tourists selama tahun 2017.

Untuk kategori award Top 10 Honeymoon Destination, Bali berada di urutan pertama mengalahkan Hawai, Paris, New York, Dubai, Sanya, Madrid, Sydney, Guam, dan Valietta.

Sedangkan untuk award kategori Top 10 Overseas Destination dan Top 10 Luxury Travel Destination, Bali berada di urutan 4.

Asdep Pemasaran Greater China, Kementerian Pariwisata, Vinsensius Jemadu menerima award tersebut dari CEO Destination Marketing C-Trip, dalam acara Global Destination Marketing Summit and World Culture and Tourism Forum 2018.

Penetapan pemenang award dilakukan C-Trip bekerjasama dengan pemerintah Tiongkok berdasarkan kreteria dari search volume, booking volume, comments volume, dan voting dari 300 juta global members C-Trip.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penghargaan ini menandai Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Terlebih penghargaan ini semakin mengukuhkan Bali yang pada tahun 2017 meraih The Best Destination 2017 versi TripAdvisor.

“Mengapa award menjadi penting? Seperti yang sudah saya singgung, award begitu penting bagi kita karena tiga alasan yang saya singkat 3C yakni: Confidence, Credibility, dan Calibration,” tutur Menteri Arief, Jumat (20/4/2018).

Kemenpar tahun ini telah menetapkan China sebagai Top 5 (China, Eropa, Australia, Singapura, dan India) pasar utama wisatawan mancanegara 2018, berdasarkan kriteria 3S (size, sustainability, dan spending).

Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan, pada periode Januari-November 2017 yang lalu jumlah kunjungan wisman China ke Indonesia mencapai 1,9 juta wisman, dengan pertumbuhan atau sustain growth sebesar 42,2% dan memberikan devisa atau total spread (spending) 1,94 miliar dolar Amerika.

“Tahun ini China kita tetapkan menjadi pasar utama karena total nilai dari size, sustain (growth), dan spread (spending) tertinggi mencapai 92%, sedangkan posisi kedua adalah Eropa total nilainya 77%,” kata Pitana. (Sumber: Kemenpar.go.id)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s