‘Perfect Selfie Spot’ di Puncak B29

B29

( Puncak B29 dengan latar belakang Gunung Bromo dan Semeru )

Dolungo, Lumajang- Wisatawan ‘zaman now’ seperti Anda, pasti memburu lokasi-lokasi wisata yang ‘instagramable’. Kalau itu pilihannya, tak salah jika Anda mampir ke Bukit B29, Lumajang, Jawa Timur.

Disebut B29 karena lokasi ini berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Persisnya adalah di desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Untuk menuju ke kawasan puncak B29, wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor yang. Kondisi jalannya cukup menantang dengan kemiringan 10 hingga 40 derajat disertai beberapa tikungan tajam.

Di kanan kiri jalanan desa yang lebarnya antara satu hingga tiga meter itu adalah ladang sayuran milik warga suku Tengger. Lingkungan B29 adalah barisan bukit dan lembah menghijau yang diselimuti kabut dengan udara dingin yang “menggigit”.

Begitu sampai di gerbang Bukit 29, wisatawan kemudian harus mendaki sekitar 100 meter ke puncak bukit yang sudah terlihat di depan mata.

Salah satu tujuan para wisatawan ke kawasan yang masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTS) itu memang menyaksikan sunrise atau matahari terbit.

Momen terbaik adalah menunggu di atas bukit sejak pukul 04.00 WIB. Beberapa wisatawan bahkan rela berkemah di atas bukit yang dahulu disebut Songolikur (angka 29 dalam bahasa Jawa).

Bila kondisi cuaca cerah, wisatawan tak hanya bisa melihat matahari terbit, tetapi juga suguhan pemandangan sangat indah dengan latar belakang gunung Bromo dan Semeru.

Wisatawan juga akan dimanjakan dengan atraksi awan putih berarak dari arah barat atau lautan pasir Gunung Bromo. Tak heran jika objek wisata ini juga populer dengan julukan “Negeri di Atas Awan”.

Setiap sisi puncak B29 menawarkan pemandangan menarik. Di sisi barat terlihat perbukitan sabana atau populer dengan sebutan Bukit Teletubies, Gunung Bromo, dan Gunung Batok.

Di sisi timur terlihat Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro. Sementara di sisi selatan Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawadengan ketinggian 3.676 mdpl, dan di sisi utara terlihat Gunung Arjuno dan Welirang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s