Warna-Warni Rumah “Teletubbies”

Rumah Domas1

( Foto: merahputih.com )

Dolungo, Yogyakarta- Rumah Domes adalah rumah berbentuk setengah lingkaran yang dibangun untuk korban bencana gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006. Komplek perumahan yang bentuknya mirip rumah dalam film serial anak-anak “Teletubies” ini berada di Desa Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Rumah Teletubbies sebenarnya adalah rumah biasa yang digunakan sebagai tempat tinggal. Rumah Teletubbies juga disebut dengan rumah dum karena bentuknya seperti dum atau tenda setengah lingkaran.

Rumah Teletubbies memiliki fungsi utama sebagai tempat tinggal seperti rumah pada umumnya. Rumah dengan bentuk seperti kubah dirancang supaya tahan terhadap guncangan gempa bumi.

Tetapi sejak berdiri, kompleks perumahan tersebut memang sudah dikondisikan menjadi desa wisata, karena bentuknya memang unik dan menarik perhatian masyarakat.

Sejarah

Tahun 2006, Yogyakarta diguncang gempa dengan kekuatan 5 skala richter lebih. Gempa ini mengakibatkan hampir semua rumah warga di Desa Ngelepen rubuh dan tidak bisa ditempati lagi. Karena itu, para penduduk desa Nglepen dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Lembaga Masyarakat Non-Pemerintah dan Domes for The World Foundation memberikan bantuan berupa rumah kepada penduduk Ngelepen pada bulan September 2006.

Donatur tunggal dari pembuatan rumah tersebut adalah Ali Alabar, seorang pemilik Emaar Property di Dubai.

Rumah Teletubbies di Yogyakarta ini diresmikan oleh Menteri Pemukiman Hidup, Prof. Dr. Alwi Sihab, pada tanggal 29 April 2007. Perkampungan baru ini kemudian diberi nama New Ngelepen.

Rumah Teletubbies yang ada di Prambanan ini ialah satu-satunya kompleks rumah Dome yang ada di Indonesia dan juga di Asia.

Fasilitas

Perkampungan rumah Teletubbies ini memiliki luas tanah 2 hektar. Seperti halnya perkampungan pada umumnya, di Desa New Nglepen juga terdapat fasilitas seperti tempat ibadah dan sarana umum lainnya.

Perkampungan New Nglepen ini keseluruhan ada 80 rumah, 71 rumah dari keseluruhan tersebut adalah hunian warga, 6 MCK, 1 masjid, 1 aula, dan satu lagi untuk klinik kesehatan. Sama dengan bangunan lainnya, masjid dan klinik kesehatan di kampung ini juga berbentuk dum.

Sebagai sarana tambahan bagi wisatawan yang datang, di komplek perumahan ini juga disediakan wahana permainan bagi anak-anak seperti kereta mini, ayunan, papan seluncur dan jungkat jungkit.

Pengunjung yang datang juga bisa masuk ke dalam rumah untuk melihat suasana rumah Teletubbies. Pengunjung yang tertarik ingin menginap juga tersedia kamar untuk menginap.

Kawasan wisata rumah Teletubbies juga menyediakan area perkemahan untuk pengunjung yang ingin berkemah di dekat rumah Teletubbies tersebut.

Rumah Teletubbies berukuran diameter 7 meter dan tinggi rumah 4,6 meter, terdiri dari dua lantai, lantai atas terbuat dari kayu dengan tangga ulir.

Rumah ini dilengkapi dengan ruang tamu, dapur, kamar mandi dan 2 kamar tidur seperti layaknya rumah pada umumnya.

Rumah Teletubies kini makin terlihat menarik dengan hiasan cat tembok warna-warni.

(Sumber: wikipedia dan sumber lain)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s