Kemenpar Tetapkan Tiga Destinasi Kuliner Utama Indonesia

2018-04-11 13.38.04 Dolungo, Jakarta- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan tiga wilayah sebagai destinasi wisata kuliner utama Indonesia. Tiga wilayah tersebut adalah Bali, Bandung, dan Joglo Semar (Jogja, Solo, dan Semarang).

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta menjelaskan, 3 destinasi wisata kuliner utama Indonesia itu dipilih dari 10 destinasi wisata kuliner yang sudah diseleksi sebelumnya, berdasarkan pertimbangan budaya dan komersial.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwsata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI Vita Datau Messakh mengatakan, Kemenpar membentuk tim penilai pada 2015.

Tim ini bertugas melakukan penilaian terhadap destinasi wisata kuliner selama setahun. “Tim tersebut bekerja selama setahun untuk menilai semua destinasi yang kulinernya cukup didengar orang,” ujar Vita Datau Messakh.

Tim kemudian menilai berdasarkan kriteria 3P yang ditetapkan Kemenpar, yakni Produk, Pelaku dan Pemda.

Produk yang dimaksud adalah jenis kuliner yang dimiliki destinasi tersebut harus unik dan otentik.

Pelaku yang dimaksud adalah pelaku usahanya, terkait bisnis dan lokasinya. Tim menilai apakah destinasi kuliner tersebut memiliki tempat makan yang memadai, bersih dan sehat.

Terakhir, tim menilai dari komitmen Pemda setempat yang dibuktikan dengan adanya kebijakan pengembangan dan promosi. Aspek ini memiliki penilaian yang paling tinggi.

Karena itu, Kemenpar dan Pemda setempat membuat MOU untuk pengembangan dan promosi wilayah yang terpilih menjadi destinasi wisata kuliner.

Selanjutnya destinasi wisata kuliner ini akan disertifikasi oleh United Nation World Tourim Organization yang menjadi organisasi PBB tertinggi untuk urusan pariwisata. (Dikutip dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s