Berburu Matahari Terbit di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu-2

( Punthuk Setumbu, Magelang. Foto: koleksi pribadi )

Dolungo, Magelang- Hari masih teramat pagi, sekira pukul 04:00 wib, tapi kami sudah beringsut dari kamar hotel tempat kami menginap, di Kota Magelang, Jawa Tengah. Dengan kendaraan sendiri kami berenam berangkat menyusuri jalan-jalan sepi, tujuannya…berburu matahari terbit.

Punthuk Setumbu adalah bukit yang kami tuju. Lokasinya berada di Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kami sampai di lokasi sekitar pukul 05:00 pagi. Kami mengira tempat itu masih sepi, tapi perkiraan kami keliru. Lokasi parkir mobil nyaris sudah penuh, ternyata banyak pengunjung yang sudah sampai di tempat ini sejak pukul 04:00 subuh, wow!

Dari lokasi parkir, kami dan para pengjung lainnya harus bejalan naik menapaki jalan setapak untuk mencapai puncak bukit yang menjadi lokasi berburu matahari terbit. Cukup jauh dan melelahkan meski udara dingin menyergap.

Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise dengan landscape Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tak heran jika Punthuk Setumbu mendapat julukan “Borobudur Nirvana Sunrise”

Selain berburu matahari terbit, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pagi hari yang indah dengan hamparan kabut memenuhi bukit. Kita seolah berada di negeri di atas awan.

Jika matahari sudah tersenyum, dari bukti ini para pengunjung bisa melihat bagaimana megah dan eksotisnya Candi Borobudur, dengan pemandangan alam yang luas membentang.

Sebelum menjadi lokasi syuting film AADC, Punthuk Setumbu memang masih belum terlalu dikenal. Kini, Punthuk Setumbu sudah menjadi tujuan wisata turis lokal, bahkan juga turis mancanegara.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s