Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Pesona “Niagaranya” Indonesia

Tumpak Sewu

( Pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu dari wilayah Kabupaten Lumajang – VIDEO )

Dolungo, Lumajang- Para wisatawan menyebut tempat wisata air terjun Tumpak Sewu Semeru ini sebagai ‘Niagara’nya Indonesia. Letaknya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sebuah kabupaten di bawah kaki Gunung Semeru, Gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Disebut Tumpak Sewu, lantaran jumlah air terjun di kawasan ini cukup banyak dan seolah bertumpuk satu dengan yang lain. Deretan air terjun itu melingkar sehingga seolah airnya tercurah ke dalam sebuah lubang yang besar.

Air terjun yang indah ini dapat dicapai melalui 2 (dua) arah yaitu dari wilayah Kota Malang (warga setempat menyebutnya Coban Sewu) atau dari Lumajang (warga menyebutnya Tumpak Sewu).

Jika kita masuk ke air terjun ini melalui wilayah Kota Malang maka panorama air terjun yang diperoleh dari samping. Untuk turun ke bawah air terjun harus melewati jalur yang ekstrim. Pengunjung harus menapaki tangga kayu atau bambu menuruni lereng yang terjal.

Sementara jika kita masuk ke air terjun ini melalui arah Lumajang maka panorama air terjun ini tampak dari depan. Untuk turun jalurnya tidak se-ekstrim dibandingkan melalui wilayah Malang.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini pengunjung membayar tiket masuk yang relatif murah. Siapkan tenaga dan waktu yang cukup jika ingin turun ke bawah air terjun, dan menikmati Goa Tetes yang tidak jauh dari lokasi air terjun ini.

View Point Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Nama Objek : Air Terjun Tumpak Sewu Semeru

Aksesibilitas : Roda Dua ± 55 km dari pusat kota

Daya Tarik Wisata : Panorama Air Terjun dan Trekking ke dasar air terjun

Fasilitas : Homestay, Pusat Informasi, Pos Kesehatan, Outlet Handcraft, parkir, guide.

LINK VIDEO TUMPAK SEWU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s