Lebaran 2018, KAI Daop 6 Yogyakarta Tambah 20.400 Kursi Kereta

Sta Tugu

Dolungo, Magelang- PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan menambah sebanyak 20.400 tempat duduk tiap hari pada musim Lebaran 2018. Penambahan berlaku mulai mulai 5 Juni 2018 – 26 Juni 2018.

Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, menjelaskan penambahan tersebut naik sekitar 4 persen dibanding Lebaran tahun lalu. “Sebanyak 20.400 kursi tambahan itu terdiri dari 11.000 kursi untuk kereta api reguler dan tambahan sebanyak 9.400 kursi,” jelas Eko, Kamis (22/3/2018).

Adapun untuk pembelian tiket, lanjut Eko, dapat dilakukan di gerai-gerai minimarket, website, jaringan PPOB, aplikasi KAI access, contact center 121, kantor pos, pegadaian, dan aplikasi mobile yang dikelola oleh mitra KAI.

“Sedangkan pembelian di loket stasiun bisa dilayani mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB,” imbuh Eko.

Selain menambah kapasitas kursi, KAI juga menambah bandwidth internet dari 150 megabyte menjadi 400 megabyte. Penambahan ini agar masyarakat mudah melakukan reservasi tiket secara online.

“Penambahan bandwidth naik 50 persen dibanding tahun lalu. Tujuannya tentu agar pemesanan tiket online lancar, karena mendekati lebaran pemesanan via online selalu crowded,” ujar Eko.

Eko berujar, meski Lebaran masih sekitar dua bulan ke depan, tapi pembelian tiket sudah banyak dilakukan. Bahkan, per Rabu (21/3/2018) kemarin sudah banyak pemesanan tiket kereta api untuk arus balik.

“Kondisi pemesanan sampai saat ini sudah semakin tipis, hampir untuk semua kereta, seperti Taksaka, Dwipangga, Argolawu dan lainnya. Tapi sejauh ini masih bisa dilayani,” ucapnya.

Ida Hidayati, Wakil Kepala PT. KAI Daop 6 Yogyakarta, mengimbau kepada masyarakat yang ingin menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk mengindahkan peraturan, terutama terkait barang bawaan penumpang.

“Jangan sampai kejadian seperti penemuan ular di gerbong kereta jurusan Jakarta-Surabaya beberapa waktu lalu terulang. Tidak perlu bawa binatang, atau barang-barang yang sekiranya mengganggu keamanan dan kenyaman penumpang lainnya,” tutup Ida.

(Sumber: kompas.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s